little story to share: UANG

Pages

Senin, 30 Mei 2011

0

UANG


peranan uang dalam perekonomian.

peranan dan fungsi uang telah berkembang secara pesat, tanpa mengenal batas, ras, bangsa dan negara sehingga uang telah ikut memberikan andil yang penting dalam proses perkembangan peradaban manusia secara global. Aphra Behn, seorang dramawan abad ke-17 menulis dalam bukunya The Rover (1677) “Uang berbicara dalam bahasa yang dimengerti semua bangsa”.

Uang memang benda mati. Namun ternyata ia bisa mengendalikan hidup manusia. Ini bisa terjadi jika manusia lupa akan fungsi dan peran uang yang sesungguhnya. Dengan uang – yang notabene adalah benda mati – napas hidup perekonomian suatu negara dapat terlihat. Dengan uang manusia bisa membeli rasa “aman:, bersosialisasi, dihargai dan dihormati. Dengan uang manusia dapat mengaktualisasikan dirinya.

Secara umum, uang memiliki fungsi sebagai perantara untuk pertukaran barang dengan barang, juga untuk menghindarkan perdagangan dengan cara barter. Secara lebih rinci, fungsi uang dibedalan menjadi dua: fungsi asli dan fungsi turunan.

Fungsi asli uang ada tiga, yaitu sebagai alat tukar, sebagai satuan hitung, dan sebagai penyimpan nilai. Uang berfungsi sebagai alat tukar atau medium of exchange yang dapat mempermudah pertukaran. Orang yang akan melakukan pertukaran tidak perlu menukarkan dengan barang, tetapi cukup menggunakan uang sebagai alat tukar. Kesulitan-kesulitan pertukaran dengan cara barter dapat diatasi dengan pertukaran uang. Uang juga berfungsi sebagai satuan hitung (unit of account) karena uang dapat digunakan untuk menunjukan nilai berbagai macam barang/jasa yang diperjualbelikan, menunjukkan besarnya kekayaan, dan menghitung besar kecilnya pinjaman. Uang juga dipakai untuk menentukan harga barang/jasa (alat penunjuk harga). Sebagai alat satuan hitung, uang berperan untuk memperlancar pertukaran. Selain itu, uang berfungsi sebagai alat penyimpan nilai (valuta) karena dapat digunakan untuk mengalihkan daya beli dari masa sekarang ke masa mendatang.

Fungsi turunan itu antara lain uang sebagai alat pembayaran, sebagai alat pembayaran utang, sebagai alat penimbun atau pemindah kekayaan (modal), dan alat untuk meningkatkan status sosial.

Uang adalah salah satu topik utama dalam pembelajaran ekonomi dan finansial. Monetarisme adalah sebuah teori ekonomi yang kebanyakan membahas tentang permintaan dan penawaran uang.

Seandainya suatu perekonomian tidak menggunakan uang dalam transaksi ekonomi.

Seandainya dalam suatu perekonomian tidak lagi menggunakan uang (dalam bentuk apapun) maka akan terjadi kemunduran para perekonomian. Kita akan kembali melakukan barter sebagai satu – satunya cara untuk melakukan transaksi untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia

Barter adalah kegiatan tukar – menukar barang atau jasa yang terjadi tanpa perantara uang. Manusia pada kenyataannya tidak dapat memproduksi sendiri semua barang yang dibutuhkannya untuk memenuhi barang – barang yang dibutuhkan namun tidak dapat diproduksi sendiri, maka akan dicari seseorang yang mau menukarkan barang yang dimilikinya dengan barang lain yang orang tersebut butuhkan. Namun jarang sekali terjadi kesamaan kebutuhan dalam waktu yang bersamaan. Kesulitan – kesulitan ini sering terjadi dan akhirnya mendorong manusia untuk menemukan alternatif lain untuk melakukan transaksi.

0 komentar:

Posting Komentar