little story to share: pengalaman magang part 1

Pages

Rabu, 07 Juli 2010

0

pengalaman magang part 1

Berabe juga nih, denger dari temen ane’ katanya sehabis magang harus bikin laporan tentang kegiatan magang kita selama ini. Wheeew.... ane’ dah tiga minggu magang di PT.tuiiiii....ittt (sensor ^_^v takut tehuan ane sering ngomongin si boss..) takut – takut juga lupa apa yang udah dilakuin di kantor selama hampir tiga minggu.
Karena kebungulan ane, yang kagak percaya sama si boss (yang kebetulan kakak ane :p) yang menyarankan ane’ untuk mengajukan proposal magang ke bidang finance, akhirnya gue dengan gagah berani suuookkk teuuuks memilih untuk mengajukan proposal magang ke bidang HR.. duileehhh kapok dah kagak dengarin nasihat si boss, karena perusahaan ini cuman semacam cabang kecil, maka karyawan yang diurus juga nggak banyak- banyak amat, bayangan chiing cewenya cuman dua orang, tambah ane “itu loh, anak magang adenya si bos” jadi tiga orang. Dan tugas HR, cukup di lakukan sama satu orang. Walaupun dia sudah jadi pengurus HR, ibu H juga merangkap sebagai operator yang menghubungkan telpon ke luar dan kedalam kantor... weeeew... jadi apalah yang ane’ kerjain??? Engg..ing...eng... naro tangan di dagu..cuman stanby selama seminggu awal. Abang ane’ yang juga merangkap sebagai kepala cabang disitu, merasa rada – rada kesian gimana gitu, melihat adeknya yang imut manis juga kueerass kepala yang kada mau dengarin dia kemarin nganggur kaya orang dongo.. khawatir – khawatir entar kesambet setan kantor terus jejeritan histeris, (lebay mode : ON). Akhirnya datanglah juru selamat gue yang membawa lilin terang menembus cakrawala kedongoan dan nyaris kesambet karena terlalu banyak bengong. Mungkin itu juga yang dirasain sama ibu HR sama mba Admin Marketing yang saban hari ku gangguin mulu. Bolak – balik nanya kemereka “mba, ada yang bisa aku bantu?? Nginput – nginput data, robak – robek kertas”, ‘ngerjain pe’er anak mba juga oke dah, yang penting saya nggak nganggur kaya sing gendeng’ batin ane dalam ati. Eng ing eng... MR.A orang finance nyang baru aja pulang selesai perjalanan urusan kantor dari kota T. Orangnya, baeeekkkk sih, kerjaannya juga lumayan banyak. Tuapiiiii (bukane bermaksud menceritakan orang, cuman menjelaskan apa adanye) hobi banget ceritain soal cewek – cewek yang berhasil dia gaet waktu di tarakan, ceritain dia ditinggal kawin sama cewenya setelah tiga tahun pacaran, ceritain cewek yang diencernya nggak bakal kuat nggak kalo nggak ngubungin dia, ampe yang terakhir, dia bilang kalo dia pengen kenalan sma orang yang di Bank waktu dia lagi ngambil petty cash eeuuughh... awal – awalnya nih, waktu dia nyeritain soal deretan cewek cewek yang menurutnya, tertarik sama dia (kueejemm kah daku??) dia nanya, “jadi, ade punya yang kaya kita bicarain tadi” dengan lugas, tegas dan ape adenye, ane bilang “ada pak, saya sudah pacaran dari SMP sampe sekarang, tapi Naksirnyua dari SD” dalam hati gue terus berdo’a ‘ya Allah, tuhan saya yang maha agung, maha mengampuni, dan maha segalanya, tolong dengan jawaban saya ini si bapak nggak berpikir yang aneh – aneh, jangan buat si bapak ini berpikir aku punya feeling atau apapun yang menjurus menumbuhkan perasaan deg degser padaku atau padanya’(buat yang kaga ngerti apa maksud doa ini kaga ape, yang penting gue ngerti end khusyu, Allah maha ngerti dah...)
Akhirnya, selama dua minggu terakhir, jadilah aku “asisten” finance, karena kata abang ane, ni Bapak kerjanya ceroboh banget, tehambur dan sering menunda – nunda, maka banyaklah kerjaanku disana. Menyimpuni pekerjaanya yang berhamburan, mencari invoice ato faktur pAjak yang keselip,membuat manual faktur pajak yang lenyap entah kemane larinya, ngeprint invoice sama faktur dari system dbs kantor, de’el’el katanya abang ane “itu karena seponsornya dari mas, mas suruh dia ngajarin kamu macam – macam, biar ngerti juga” alhamdulillah, walaupun kadang abang ane kalo dah marah ngomongnya lebih tuajjeeemmmm dari pada silet yang diasah pake golok, dan ngolokin anee hampir tiada henti di tiap harinya, ane bersyukur dah punya abang yang Te O Pe kaya beliau (ciiuueelleeeuhhh...) dia juga bilang “orang finance ni pegawai baru enam bulan, masih di kontrak, jadi kebanyakan belum terlalu lihai, makanya dia sering buat kesalahan, karena dia sering buat salah, kamu bantuin dia biar nggak salah – salah, jadi banyak juga kerjaanmu” gitu kata kepala cabang a.k.a abang ane, abang ane juga cerita, kalo orang finance ampir hari – hari kena marah sama dia atao orang marketing.. weedeewww... terjebak di objek amarah nih.
Sampai disabtu kemaren, dia minta ane hari sabtu turun buat nyelesaikan semua kerjaan yang belum tuntas. Eeeehhh niat awalnya kan mau ngerapiin kantornya yang udah mirip – mirip werehouse (gudang) sekalinya dia bilang “kerjaan yang lain masih numpuk, itu di tunda aja” ya sutralah, ane nurut aja, die kan atasan gue... tau – taunya, selama kerja, dia malaaahh aaasyyyyiiikk buanar beceritaan sama ane soal cewe (walaupun sambil kerja juga sih) soal suku bapake dia en die yang hebat sakti en mandrabunting. Bapake dia punya ilmu gaib weshhh...wosshh... dia juga punya teman “tak terlihat” yang kalau dia marah, teman “tak terlihatnya” itu juga akan marah, dsbg....
Weeewww...weeewwww....weeeewww....
Ane takut booooo... dalam hati ane terus berdo’a dan berpikir, ‘nih orang mau ngancem ane atau mau nakut – nakutin ane, biar ane ngestau abang ane, kalau jangan macam – macam sama dia karena dia punya teman “tak terlihat” cuiiiihhhh’ tapi ane takut juga doong.. akhirnya, setiap dia ceritain apa, selalu aneh alihkan dengan hal – hal lain misalnya “diamana faktur pajaknya pak?”, “ini langsung di antar kemana” atau, “pak yang ini diapain” sampai tiba saatnya makan siang. Dan ane langsunng ngeloooyorrr pegi.
Bis tu dia mang kaga ada ceritain soal itu – itu lagi, and mulai fokus soal kerjaan.
Sampai hari senin, dia di panggil ke romanticroom (istilah yang dipake MR. A kalo dia di panggil ke ruangan kepala cabang untuk mendapatkan ‘’’’petuahh’’’ ) abang gue bilang ke dia, anak magang kaga boleh lumbur di hari sabtu. Dan tau nggak, kerjaan yang gue kerjain belum juga rampung, kenape??? Bukan ane yang kerjanya lambat ato lainnya. Tapi data ada di bapak semua, en sibapak ada kerjaan yang lueeebiiih puueentiing katanye, jadi yah, saya menurut saja. Hari selasa siang dia rencana mo berangkat ke trkn lagi, udah dari jauh – jauh hari dia cerita kalo dia pengen ketemu sama sayangnya. Sudah deee..
Iye..iyeeekan aje,,,
Jadi, harusnya kan si bapak ini udah chek in mulai jam 3. Jam 3 teng dia masih dikantuoooor, setelah hampir 4 kali aku mengingatkan dia. Dan berangkatlah dia.
Akhirnya, ibu HR menceritakan ke kami semua yang ada dikantor kalo si bapake tadi nyaris ketinggalan pesawat...
Wuuihh muaaakknyoooossss...!!!
Banyak lagi cerita ane yang bakal ane ceritain selama magang. Tapi segini dulu ye, mbak ane, a.k.a istrinya abang ane, minta tolong kupasi bawah putih 5 siung, mau bikin makanan favorit ane, mpekk – mpekkk
Ciiihiiiyyyy (nyammm...nyammmm slruuuuupppp )

0 komentar:

Posting Komentar